HASIL PENELITIAN TERHADAP PELAKSANAAN
MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMA DAN SMK
DI KOTA BAU-BAU PADA TAHUN 2004
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Kebijakan manajemen pendidikan pada tingkat SMU/SMK di Kota Bau-Bau kurang berhasil dengan kata lain dari 12 faktor yang diteliti terdapat beberapa faktor yang sudah terlaksana seperti faktor pelaksanaan perencanaan, faktor pelaksanaan kurikulum dan faktor pengorganisasian disamping itu ada beberapa faktor yang pelaksanaanya belum optimal seperti kemampuan SDM, Pengkoordinasian dan pengelolaan sumber daya.
2. Faktor-faktor yang mepengaruhi kurang berhasilnya implementasi manajemen pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau. meliputi faktor ketersediaan dana untuk menunjang pelaksanaan operasional, faktor pelaksanaan pengawasan, dan faktor kedisiplinan anggota komite sekolah dan elit sekolah. Disamping itu juga faktor dukungan partisipasi masyarakat, faktor ketersediaan sarana prasarana, dan faktor proses pengambilan keputusan.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka melalui kesempatan ini, penulis mengajukan beberapa saran kepada pihak-pihak yang berkepentingan utamanya Pemerintah Daerah Kota Bau-Bau sebagai berikut dalam rangka implementasi kebijakan manajemen pendidikan sebagai berikut :
1. Faktor-faktor yang sudah terlaksana perlu dipantau terus-menerus seiring dengan perkembangan pola manajemen yang senatiasa mengalami perubahan sesuai kebutuhan perkembangan penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan faktor-faktor yang pelaksanaannya belum optimal diperlukan pembinaan dan motivasi yang efektif.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka melalui kesempatan ini, penulis mengajukan beberapa saran kepada pihak-pihak yang berkepentingan utamanya Pemerintah Daerah Kota Bau-Bau sebagai berikut dalam rangka implementasi kebijakan manajemen pendidikan sebagai berikut :
1. Faktor-faktor yang sudah terlaksana perlu dipantau terus-menerus seiring dengan perkembangan pola manajemen yang senatiasa mengalami perubahan sesuai kebutuhan perkembangan penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan faktor-faktor yang pelaksanaannya belum optimal diperlukan pembinaan dan motivasi yang efektif.
2. Terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kurang terlaksananya implementasi manajemen pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau Perlu dilakukan upaya-upaya pendekatan, sosialisasi dan pembinaan yang intensif dan terprogram :
1. Perlu upaya yang sungguh-sungguh peningkatan anggaran pendidikan pada APBD Kota Bau-Bau maupun APBN.
2. Perlu membangun sistim pengawasan yang efektif baik internal maupun eksteren Komite Sekolah, serta melakukan pembinaan aparatur pengawasan melalui pendidikan dan pelatihan.
3. Perlu menciptakan situasi kerja yang mendorong peningkatan motivasi dan peningkatan kesadaran terhadap pentingnya pengabdian melalui kegiatan pendidikan.
3. Hasil penelitian ini diharapakan menjadi bahan atau landasan penelitian selanjutnya dalam rangka penyempurnaan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Implementasi Kebijakan Manajemen Pendidikan di Kota Bau-Bau khususnya yang menyangkut :
a. Implementasi Kebijakan yang menyangkut perluasan dan pemerataan pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau.
b. Implementasi Kebijakan yang menyangkut peningkatan Mutu dan Relevansi pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau.
c. Optimalisasi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah dan Guru dalam penyelenggaraan pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau.
d. Studi Implementasi Kebijakan Manajemen Pendidikan pada jenjang sekolah lainnya seperti pada TK, SD, SMP, Pendidikan Luar Sekolah dan lain-lain.
1. Perlu upaya yang sungguh-sungguh peningkatan anggaran pendidikan pada APBD Kota Bau-Bau maupun APBN.
2. Perlu membangun sistim pengawasan yang efektif baik internal maupun eksteren Komite Sekolah, serta melakukan pembinaan aparatur pengawasan melalui pendidikan dan pelatihan.
3. Perlu menciptakan situasi kerja yang mendorong peningkatan motivasi dan peningkatan kesadaran terhadap pentingnya pengabdian melalui kegiatan pendidikan.
3. Hasil penelitian ini diharapakan menjadi bahan atau landasan penelitian selanjutnya dalam rangka penyempurnaan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Implementasi Kebijakan Manajemen Pendidikan di Kota Bau-Bau khususnya yang menyangkut :
a. Implementasi Kebijakan yang menyangkut perluasan dan pemerataan pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau.
b. Implementasi Kebijakan yang menyangkut peningkatan Mutu dan Relevansi pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau.
c. Optimalisasi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah dan Guru dalam penyelenggaraan pendidikan pada SMU/SMK di Kota Bau-Bau.
d. Studi Implementasi Kebijakan Manajemen Pendidikan pada jenjang sekolah lainnya seperti pada TK, SD, SMP, Pendidikan Luar Sekolah dan lain-lain.
sharing komunikasi dan temuan bermanfaat..di...http://lyakusie.blogspot.com/
BalasHapus